Selasa, 24 April 2012

Mengapa Bisa Terjadi Ledakan Hama?


Indonesia merupakan negara agraris yang berati negara kita merupakan negara memiliki masyarakat yang sebagian besar bermata pencarian sebagai petani. Sehingga pertanian ini sudah dilakukan semenjak dahulu kala. Sehingga negara kita dijuluki oleh negeri subur, seperti lagu yang salah terdapat kalimat “tongkat dan batu ditanam menjadi tanaman” ini mencirikan bahwa kita memiliki tanah yang sangat subur untuk produksi pertanian.

Tetapi hal tersebut mungkin tidak bisa diseruka seluruh lapisan negri kita sekarang. Sebagian besar dari tanah maupun lahan pertanian kita sudah tidak subur lagi akibat dengan pemebrian pupuk yang menyebabkan tanah kita tidak kaya lagi. Bukan hanya hal tersebut yang menyebabkan tanah produksi kita menurun yaitu hama.

Hama merupakan organisme pengagu tanaman yang dibudidayakan oleh petani. Sebagian besar dari hama ini merupakan spesies dari serangga. Karena serangga pada umunya memiliki siklus hidup yang penek sehingga serangga dapat merugikan bagi petani.

Hama (serangga) ini bukanlah hal yang baru terjadi kala ini, sebenarnya serangga ini sudah ada berjuta – juta tahun yang lalu tetapi petani yang dulu tidak merasakan kerugin yang signifikan akibat serangga (hama). Tentunya akan timbul pertanyaan kenapa? Nah hal into terjadi dikarenakan pada pertanian dulu kakek nenek kita dulu belum menggunakan system pertanian konpesonal seperti sekarang ini, sehingga hama ini masih dapat ditoleran oleh musuh alami. Tetapi dengan pertanian sekarang ini menebabkan banyaknya kematian predator sebagai musuh alami dari hama tersebut sehingga hama dapat leluasa hidup dan berkembang. Bukan hanya hal tersebut yang menebabkan ada pula dikarenakan oleh pemerintah dahulu yang menginginkan produksi meningkat dengan menambahkan asupan pupuk kimia yang mengakibatkan petani meningalkan siklus pergantian tanam. Karena hal tersebut petani dapat menanam komoditi yang sama lagi, sehingga akan memicu pertumbuhan hama dikarenakan stok makanan untuk mereka berlangsung hidup terbilang melimpah nah ini merupakan faktor yang akan menebabkan hama tersebut dapat meledak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar