Selasa, 24 April 2012

Ciri, Senyawa, dan Kegunaan dari Nitrogen


BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
            Sekitar 78% volum udara tersusun dari gas nitrogen. Unsure nitrogen merupakan unsure utama dalam keadaan bebeas sebagai gas N2 di udar, nitrogen juga terdapat dalam berbagai senyawa. Senyawa KNO3 dan senyawa CHLiNaNO3 merupakan dua mineral yang merupakan sumber senyawa nitrogen dialam.
            Sifat nitrogen yang sukar bereaksi menyebabkan nitrogen dimanfaatkan untuk atsmosfir pada proses pemanasan logam agar dalam proses pemanasan tidak ada oksigen yang bias menyebabkan terjadinya korosi pada logam. Gas nitrogen juga digunakan sebagai pengganti udara untuk mengisi ban agar logam (kawat) peradaban tidak berkarat sehingga ban menjadi lebih awet.

Rumusan Masalah
  • Mengetahui cirri – cirri unsur nitrogen
  • Mengetahui senyawa – senyawa nitrogen dialam
  • Mengetahui kegunaan dan dampak nitrogen terhadap lingkungan

Tujuan
  • Mendalami tentang pengertian nitrogen
  • Untuk mengetahui kegunaan nitrogen
Ruang Lingkup Penelitian
  • Dalam hal ini penulis hanya mencantumkan ciri – ciri unsur nitrogen, senyawa nitrogen di alam serta dampak dan kegunaannya.


BAB II
PEMBAHASAN

1. Ciri Unsur Nitrogen
Nitrogen atau Zat lemas adalah sebuah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang N dan nomor atom 7. Biasanya ditemukan sebagai gas tanpa warna, tanpa bau, tanpa rasa dan merupakan gas diatomik bukan logam yang stabil, sangat sulit bereaksi dengan unsur atau senyawa lainnya. Dinamakan zat lemas karena zat ini bersifat malas, tidak aktif bereaksi dengan unsur lainnya.


7
karbonnitrogenoksigen
-

N

P
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/af/N-TableImage.png/250px-N-TableImage.png
Keterangan Umum Unsur
nitrogen, N, 7
15, 2, p
colorless
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/b2/N%2C7.jpg/125px-N%2C7.jpg
14.0067(2) g/mol
1s2 2s2 2p3
Jumlah elektron tiap kulit
2, 5
Ciri-ciri fisik
(0 °C; 101,325 kPa)
1.251 g/L
63.15 K
(-210.00 °C, -346.00 °F)
77.36 K
(-195.79 °C, -320.42 °F)
126.21 K, 3.39 MPa
(N2) 0.720 kJ/mol
(N2) 5.57 kJ/mol
(25 °C) (N2)
29.124 J/(mol·K)
P/Pa
1
10
100
1 k
10 k
100 k
pada T/K
37
41
46
53
62
77
Ciri-ciri atom
hexagonal
±3, 5, 4, 2
(strongly acidic oxide)
ke-1: 1402.3 kJ/mol
ke-2: 2856 kJ/mol
ke-3: 4578.1 kJ/mol
Jari-jari atom (terhitung)
Lain-lain
no data
(300 K) 25.83 mW/(m·K)
(gas, 27 °C) 353 m/s
7727-37-9
Isotop
DE (MeV)
13N
9.965 m
ε
2.220
13C
14N
99.634%
N stabil dengan 7 neutron
15N
0.366%
N stabil dengan 8 neutron


H


B
C
N
O
F

P
S
K

V

Y
I
W
U




































2. SENYAWA-SENYAWA NITROGEN DI ALAM
Nitrogen adalah bagian penting dari kehidupan. Tanaman, hewan dan bakteri semuanya menggunakan nitrogen dalam satuan pembentuk fundamental yang disebut asam amino, dan asam-asam amino ini bersatu membentuk protein. Protein tidak hanya memungkinkan kita untuk tumbuh dan berfungsi dengan baik, tetapi juga membentuk basis dari hampir setiap reaksi kimia dalam tubuh mausia.
Sumber nitrogen kita yang utama adalah atmosfer, dimana nitrogen terdapat sebagai gas nitrogen (N2). Akan tetapi, dalam bentuk gas, nitrogen sangat lembam (tidak reaktif) dan hanya sedikit organisme yang mampu memanfaatkannya. Proses alami pengambilan gas nitrogen dan konversinya menjadi senyawa-senyawa yang bermanfaat dikenal sebagai fiksasi nitrogen, dan dilakukan oleh bakteri pengikat-nitrogen. Bakteri ini “mengikat” nitrogen menjadi senyawa yang mengandung nitrogen lainnya: amonia (NH3).Senyawa KNO3 dan senyawa NaNO3 merupakan 2 mineral yang merupakan sumber senyawa nitrogen di alam.
.
3.Cara Memperoleh Nitrogen

1.Di laboratorium
Beberapa reaksi berikut dapat digunakan untuk memperoleh gas nitrogen di laboratorium.
  • 3CuO(s) + 2NH3(g) → 3Cu(s) + 3H2O(g) + N2(g) (Dengen Pemanasan)
  • NaNO2(s) + NH4(s) → NaCL(s) + 2H2O(g) + N2(g) (Dengen Pemanasan)
  • (NH4 )2Cr2O7(s) → Cr2O3(s) + 3H2O(g) + 4H2O(g)  + N2(g) (Dengen Pemanasan)
  • NH4NO3(s) → 2H2O(g) + N2(g) (Dengen Pemanasan)

2. Dalam Industri

Secara komersil nitrogen dipisahkan dari udara dengan cara distilasi bertngkat udara cair. Mula – mula udara dibersihkan dari debu dan partikel – partikel padat lainya, semua dialirkan ke dalam KOH atau NaOH untuk mengikat gas CO2 dan uap air. Udara kering yang bebeas CO2  dan uap air.Udara kering yang bebas CO2 di mampatkan didalam ruangan  dengan kompresorsampai tekanannya 200 atm ,sambil sambil didinginkan di dalam ruangan penukar panas.Udara dingin dengan tekanan tinggi diekspansikan (diturunkan tekanannya) sampai pada tekananya 20 atm ,sehingga suhunya turun dan mencair.selanjutnya udara cair ini dinaikan suhunya secara bertahap .Pada suhu sedikit di atas -196oC (titik didih N2 = -196oC) akan diperoleh gas nitrogen .Gas nitrogen ini dicairkan kembali dan ditampung pada botol Dewar (terbuat dari baja).Pada saat suhu mencapai -183oC gas oksigen akan menguap dan dipisahkan tersendiri  kemudian dicairkan kemabali dan diperoleh oksigen cair.


4.KEGUNAAN GAS NITROGEN DAN   DAMPAKNYA TERHADAP LINGKUNGAN

A.KEGUNAAN GAS NITROGEN     
1.Nitrogen merupakan unsure utama pembentuk protein dan salah satu bahan untuk           membuat pupuk urea.

2.Nitrogen cair digunakan membekukan makanan dengan cepat.
3.Nitrogen digunakan sebagai gas pelindung terhadap oksigen dalam pabrik kimia dan industri logam.


B.DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN
1.Gas nitrogen oksida (NOx) ada dua macam yaitu gas nitrogen monoksida dan gas nitrogen dioksida. Kedua macam gas tersebut mempunyai sifat yang sangat berbeda dan keduanya sangat berbahaya bagi kesehatan. Udara yang mengandung gas NO dalam batas normal relatif aman dan tidak berbahaya, kecuali bila gas NO berada dalam konsentrasi tinggi.
Sifat racun (toksisitas) gas NO2 empat kali lebih kuat daripada toksisitas gas NO. Organ tubuh yang paling peka terhadap pencemaran gas NO2 adalah paru-paru. Paru-paru yang terkontaminasi oleh gas NO2 akan membengkak sehingga penderita sulit bernafas yang dapat mengakibatkan kematian.
Konsentrasi NO2 lebih tinggi dari 100 ppm bersifat letal pada hewan percobaan , dan 90% dari kematian tersebut disebabkan oleh gejala edema pulmonary. Pemberian sebanyak 5 ppm NO2 selama 10 menit terhadap manusia mengakibatkan sedikit kesukaran dalam bernafas.
Pencemaran udara oleh gas NOx juga dapat menyebabkan timbulnya Peroxy Acetil Nitrates (PAN). PAN ini menyebabkan iritasi pada mata yang menyebabkan mata terasa pedih dan berair. Campuran PAN bersama senyawa kimia lainnya yang ada di udara dapat menyebabkan terjadinya kanut foto kimia atau Photo Chemistry Smog yang sangat mengganggu lingkungan.
2. Limbah baja nitrat merupakan penyebab utama pencemaran air sungai dan air bawah tanah.Senyawa yang mengandung siano(-CN) menghasilkan garam yang sangat beracun dan bisa membawa kematian pada hewan dan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar